Essay..!!!
Tema:
Strategi Manajmen Oprasional (Oprasi Produk)
A. Pengertian
1. Strategi
Menurut Kotler
(2000:91), Strategi merupakan suatu rencana permainan untuk mencapai sasaran
yang diinginkan dari suatu unit bisnis.[1]
2. Manajemen
Menurut James
A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan
sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang
ditetapkan.[2]
3. Oprasinal
manajemen
operasional menurut Richard L. Daft ( 2006 : 216) adalah
”Bidang
manajemen yang mengkhususkan pada produksi barang, serta menggunakan alat-alat
dan tekhnik-tekhnik khusus untuk memecahkan masalah-masalah produksi.”[3]
B. Pembahasan
1. Esensi dari Manajemen Oprasi
Jadi secara
garis besar Strategi Manajemen Oprasional merupakan sekelompok aktivitas
(taktik/cara) manajerial yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengubah
sumber daya imput menjadi produk jadi, jasa, atau keduannya.[4]
a.
Signifikansi
dari Oprasi
Oprasi
merupakan fungsi penting bagi organisasi karena manajemen oprasi yang benar
secara efektif dan efesian akan membuat organisasi tersebut menjadi kompetitif
dan menaikan kinerja organisasi secara menyeluruh, serta meningkatkan kualitas
dan produktivitas.[5]
Sedangkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan merupakan keputusan bagi
perusahaan mengenai dengan cara apa mereka memutuskan dasar apa yang di pakai
bersaing dalam persaingan industri.
Yang
bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, dan dalam posisi aman
dari pada pesaing perusahaan lainnya, derajat keberhasilan tergantung dari
sifat industri dan strategi persaingan yang kopetitif yang dipilih. Menurut
Porter bukti keunggulan dalam bersaing dapat dikembangkan melalui strategi
kepemimpinan harga atau strategi deferensiasi.[6]
b.
Manufaktur
dan Produksi
Manufaktur
yang merupakan bentuk bisnis, kombinasi dan mengubah sumber daya imput menjadi
output berwujud yang kemudian akan di jual ke pihak lain. Contoh perusahaan
manufaktur (Goodyear tire dan Rubber Company).
c.
Operasi
Jasa
Organisasi
Jasa merupakan organisasi yang mengubah dari sumber daya input menjadi output
tidak berwujud dan menciptakan manfaat waktu, atau tempat bagi konsumen –
konsumennya.
d.
Peran
Oprasi dalam Strategi Organisasi
Manajemen
oprasional secara langsung mempengaruhi seluruh level efektivitas organisasi.
Contoh: keputusan strategis yang mempengaruhi fokus
produksi; jika fokus pertama memperhatikan kualitas tinggi dengan mengabaikan
biaya atau biaya serendah mungkin dengan mengabaikan kualitas,
atau kombinasi antara keduanya, memiliki banyak implikasi penting. Strategi kualitas setinggi mungkin memerlukan
teknologi canggih, sedangkan strategi kombinasi mungkin meminta teknologi
berkualitas lebih rendah. Sementara strategi mempengaruhi manajemen oprasi,
manajemen oprasi juga mempengaruhi strategi. Jadi semua perusahaan selalu butuh
untuk di-upgrade kualitas, produk atau jasa.[7]
2. Perancangan Sistem Oprasi
- Menentukan Bauran Produk – Jasa
Bauran
Produk – Jasa merupakan keputusan mengenai produk dan jasa, atau keduannya yang
akan di tawarkan dengan memperhatikan jumlah berapa banyak.
- Keputusan menyakut kapasitas
Merupakan penentuan jumlah produk, jasa,
atau keduannya yang dapat diproduksi oleh sebuah organisasi. Penentuan yang
bermaksut menambah banyak produksi atau tidak, atau menambah fasilitas tempat
produksi atau tidak.
- Keputusan menyangkut fasilitas
Fasilitas merupakan hal – hal yang berkenaan dengan
lokasi fisik tempat di mana produk atau jasa di ciptakan, disimpan, dan
didistribusikan. Lokasi merupakan posisi fisik atau geografis dari
fasilitas. Layout konfigurasi fisik dari fasilitas, pengaturan peralatan
dalam fasilitas, atau keduanya. Layout produk merupakan kongfigurasi
fisik dari fasilitas yang ditata berbasis produk, di gunakan saat satu jenis
produk dan diproduksi dalam jumlah besar.[8]
Referensi Dari 2 (Dua) Buku dan 3 (Tiga)
Web Side.
- Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta
- Jonhs,D.T dan Harding, H.A: 1996. Strategi oprasi(menghubungkan oprasi dengan kebutuhan pasar).manajemen oprasi, PT. Ikrar MandiriAbadi
- http://blogger-viens.blogspot.com/2013/01/strategi-promosi.html
- http://carapedia.com/pengertian_definisi_manajemen_menurut_para_ahli_info404.html
- http://bians-punya.blogspot.com/2012/01/teori-manajemen-operasional-dari.html
Finish
[1] http://blogger-viens.blogspot.com/2013/01/strategi-promosi.html
[2]
http://carapedia.com/pengertian_definisi_manajemen_menurut_para_ahli_info404.html
[3] http://bians-punya.blogspot.com/2012/01/teori-manajemen-operasional-dari.html
[4] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari
Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 194
[5] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari
Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 194
[6]
Jonhs,D.T dan Harding, H.A: 1996. Strategi oprasi(menghubungkan oprasi dengan
kebutuhan pasar).manajemen oprasi, PT. Ikrar MandiriAbadi, Jakarta. hlm: 19
[7] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari
Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 197
[8] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari
Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 198
Komentar
Posting Komentar