Langsung ke konten utama

Strategi Manajmen Oprasional (Oprasi Produk)




Essay..!!!
Tema:
Strategi Manajmen Oprasional (Oprasi Produk)
A.   Pengertian
1.    Strategi
Menurut Kotler (2000:91), Strategi merupakan suatu rencana permainan untuk mencapai sasaran yang diinginkan dari suatu unit bisnis.[1]
2.     Manajemen
Menurut James A.F. Stonner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan.[2]
3.    Oprasinal
manajemen operasional menurut Richard L. Daft ( 2006 : 216) adalah
”Bidang manajemen yang mengkhususkan pada produksi barang, serta menggunakan alat-alat dan tekhnik-tekhnik khusus untuk memecahkan masalah-masalah produksi.”[3]


B.   Pembahasan
1.   Esensi dari Manajemen Oprasi
Jadi secara garis besar Strategi Manajemen Oprasional merupakan sekelompok aktivitas (taktik/cara) manajerial yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengubah sumber daya imput menjadi produk jadi, jasa, atau keduannya.[4]  
a.         Signifikansi dari Oprasi
Oprasi merupakan fungsi penting bagi organisasi karena manajemen oprasi yang benar secara efektif dan efesian akan membuat organisasi tersebut menjadi kompetitif dan menaikan kinerja organisasi secara menyeluruh, serta meningkatkan kualitas dan produktivitas.[5] Sedangkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan merupakan keputusan bagi perusahaan mengenai dengan cara apa mereka memutuskan dasar apa yang di pakai bersaing dalam persaingan industri.
Yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, dan dalam posisi aman dari pada pesaing perusahaan lainnya, derajat keberhasilan tergantung dari sifat industri dan strategi persaingan yang kopetitif yang dipilih. Menurut Porter bukti keunggulan dalam bersaing dapat dikembangkan melalui strategi kepemimpinan harga atau strategi deferensiasi.[6]
b.         Manufaktur dan Produksi
Manufaktur yang merupakan bentuk bisnis, kombinasi dan mengubah sumber daya imput menjadi output berwujud yang kemudian akan di jual ke pihak lain. Contoh perusahaan manufaktur (Goodyear tire dan Rubber Company).
c.          Operasi Jasa
Organisasi Jasa merupakan organisasi yang mengubah dari sumber daya input menjadi output tidak berwujud dan menciptakan manfaat waktu, atau tempat bagi konsumen – konsumennya.
d.         Peran Oprasi dalam Strategi Organisasi
Manajemen oprasional secara langsung mempengaruhi seluruh level efektivitas organisasi.
Contoh:  keputusan strategis yang mempengaruhi fokus produksi; jika fokus pertama memperhatikan kualitas tinggi dengan mengabaikan biaya atau biaya serendah mungkin dengan mengabaikan kualitas, atau kombinasi antara keduanya, memiliki banyak implikasi penting.  Strategi kualitas setinggi mungkin memerlukan teknologi canggih, sedangkan strategi kombinasi mungkin meminta teknologi berkualitas lebih rendah. Sementara strategi mempengaruhi manajemen oprasi, manajemen oprasi juga mempengaruhi strategi. Jadi semua perusahaan selalu butuh untuk di-upgrade kualitas, produk atau jasa.[7]
2.   Perancangan Sistem Oprasi
  1. Menentukan Bauran Produk – Jasa
Bauran Produk – Jasa merupakan keputusan mengenai produk dan jasa, atau keduannya yang akan di tawarkan dengan memperhatikan jumlah berapa banyak.
  1. Keputusan menyakut kapasitas
Merupakan penentuan jumlah produk, jasa, atau keduannya yang dapat diproduksi oleh sebuah organisasi. Penentuan yang bermaksut menambah banyak produksi atau tidak, atau menambah fasilitas tempat produksi atau tidak.
  1. Keputusan menyangkut fasilitas
Fasilitas merupakan hal – hal yang berkenaan dengan lokasi fisik tempat di mana produk atau jasa di ciptakan, disimpan, dan didistribusikan. Lokasi merupakan posisi fisik atau geografis dari fasilitas. Layout konfigurasi fisik dari fasilitas, pengaturan peralatan dalam fasilitas, atau keduanya. Layout produk merupakan kongfigurasi fisik dari fasilitas yang ditata berbasis produk, di gunakan saat satu jenis produk dan diproduksi dalam jumlah besar.[8]



Referensi Dari 2 (Dua) Buku dan 3 (Tiga) Web Side.

-                        Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta

-                        Jonhs,D.T dan Harding, H.A: 1996. Strategi oprasi(menghubungkan oprasi dengan kebutuhan pasar).manajemen oprasi, PT. Ikrar MandiriAbadi

-                        http://blogger-viens.blogspot.com/2013/01/strategi-promosi.html

-                        http://carapedia.com/pengertian_definisi_manajemen_menurut_para_ahli_info404.html

-                        http://bians-punya.blogspot.com/2012/01/teori-manajemen-operasional-dari.html




Finish


[1] http://blogger-viens.blogspot.com/2013/01/strategi-promosi.html
[2] http://carapedia.com/pengertian_definisi_manajemen_menurut_para_ahli_info404.html
[3] http://bians-punya.blogspot.com/2012/01/teori-manajemen-operasional-dari.html
[4] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 194
[5] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 194
[6] Jonhs,D.T dan Harding, H.A: 1996. Strategi oprasi(menghubungkan oprasi dengan kebutuhan pasar).manajemen oprasi, PT. Ikrar MandiriAbadi, Jakarta. hlm: 19
[7] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 197
[8] Griffin,Rizky W: 2003. Esensi dari Manajemen Oprasional, Manajemen,PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.hlm: 198

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PENELITIAN PROSES PRODUKSI PT. AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT) DI KEJAYAN – PASURUAN 27 Februari 2014

LAPORAN PENELITIAN PROSES PRODUKSI PT. AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT) DI KEJAYAN – PASURUAN 27 Februari 2014 Dosen Pembimbing: Ahmad Khairul Hakim, S.Ag, M.Si 197512302003121001 Program Studi Manajemen Dakwah (Prodi-MD)  Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya 2014 Tim Penyusun:   Keterangan Nama; 1.     AISHA NURIANI BUDIONO              B34211053 2.     FITRI ANDRIANI                                 B34211056 3.     IKA HARIYATI                     ...

Note

In life,there will always be people who don't like,and then the matter is not your affair. You do not care them because of two reasons. They do not like you: … 1: you are enjoying your self 2; She's Not enjoying herself… They just wish to have the live like you And then,  will be happy, because your happiness is Sadness for those who hate. 😊

MENJEMPUT JODOH DENGAN SOLAT TAHAJJUD

Kali ini saya akan membahas tentang jodoh, kenapa tiba-tiba jodoh? karena saya baru saja membaca buku tentang Manfaat Sholat Tahajud untuk Menjemput Jodoh. Bagaimana caranya?? Check this out! Apa sih shalat Tahajjud ?? Shalat Tahajjud merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari dan sesudah tidur, sekalipun tidurnya hanya sebentar saja. Shalat ini merupakan salah satu amalan wirid yang dilakukan Rasulullah. Berapa Roka'at Sholat Tahajjud ?? Mengenai bilangan roka'atnya, sholat Tahajjud dilaksanakan minimal 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Tahajjud tidak memiliki batasan bilangan rakaat. Bagaimana melakukan shalat Tahajjud?? Shalat Tahajjud dilakukan seperti biasanya ketika kita sholat fardhu. Di sini, berdasarkan buku yang saya baca, Ketika melaksanakan shalat Tahajjud pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah, dianjurkan membaca surat Al-Baqarah ayat 284-286: لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَإِنْ تُبْدُوا مَ...