DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan
zaman, banyak gedung – gedung yang mulai menjamur di pedesaan
maupun daerah perkotaan, yang dahulu sebelum banyak bangunan atau
rumah yang terbuat dari sesek (bahan baku dari bambu yang ditipiskan
memanjang kemudian di anyam), lambat laun perkembangan model rumah
dengan bahan sesek mulain terkikis dari daerah perkotaan. Yang awal
mulanya bangunan terdahulu menggunakan sesek, sekarang tergantikan
dengan rumah semi permanen yang bahan bakunya terdiri dari semen,
pasir, kapur, batako, dll.
Kemudian dari bahan bangunan
tersebut banyak orang yang memerlukan alat bantu seperti sekop,
ayakan pasir, cetok, dll. Gunanya mengolah bahan – bahan yang
sudah disebut diatas. Zaman sekarang untuk pembangunan perusahaan,
gedung – gedung, hotel dan bangunan besar lainnya cenderung
menggunakan alat – alat proyek yang lebih janggih. Sedangkan untuk
bangunan kecil seperti rumah, taman, dll. Biasanya masyarakat masih
menggunakan alat – alat tukang yang sederhana (manual).
Dan sejak tahun 1986 oleh
orang tua Pak Andhi dan Pak Rony memutuska untuk mendirikan Usaha
rumahan yang diberi nama UD. Andhi Jaya Sekop, Pak Andhi merupakan
generasi penerus yang ke – 2 (dua) setelah kakaknya yang sampai
sekarang masih mengembangkan usahanya yang bernama UD. Rony Jaya.1
Atas bedirinya Home Industri UD. Andhi Jaya Sekop, dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai tukang
bangunan, dll.
Maka dari itu, peneliti
bertujuan untuk meneliti Home Industritentang bagaimana “Profil
Home Industri Sekop diUD. ANDHI JAYA SEKOP jl Mangga No. 263 Sruni
Gedangan – Sidoarjo”.
Surabaya,
28 Mei 2014
Rumusan Masalah
- Latar Belakang BerdirinyaUD. ANDHI JAYA SEKOP?
- Bagaimana Profil Sumber Daya Manusia (SDM) di Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP ?
- Bagaimana Manajemen Produksi di Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP ?
- Bagaimana Strategi Pemasarannya Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP ?
- Bagaimana Sistem Pembukuan Keuangan Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP?
Tujuan Masalah
- Agar Dapat Mengetahui Latar Belakang Berdirinya UD. ANDHI JAYA SEKOP.
- Agar Dapat Mengetahui Profil Sumber Daya Manusia (SDM) di Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP.
- Agar Dapat Mengetahui Bagaimana Manajemen Produksi di Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP.
- Agar Dapat MengetahuiAgar Strategi Pemasarannya Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP.
- Agar Dapat Mengetahui sistem pembukuan Keuangan Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP.
Manfaat Penelitian
Melalui penulisan karya
ilmiah ini, peneliti berharap semoga dapat membawa manfaat baik
secara teoritis maupun praktis, sebagaimana berikut:
- Teoritis
Peneliti berharap dengan
adanya penulisan karya ilmiah ini nantinya dapat memberi manfaat yang
berharga dan berarti secara teoritis bagi peneliti secara khusus dan
umumnya pada pihak lain yang mempunyai kepentingan dan perhatian
terhadap pendalaman Manajemen Kewirausahaan Islam
- Praktis
Dengan adanya penelitian
ini, peneliti berharap semoga bermanfaat secara praktis bagi semua
pihak, penelitian Manajemen UD.
ANDHI JAYA SEKOP yang bertempat diJl Mangga No. 263 Sruni Gedangan –
Sidoarjo, di
harapkan akan memberikan kepuasan kepada anggota dan masyarakat luas
yang menjadi target market. Oleh seluruh jajaran organisasi dalam
rangkan mencapa tujuan dan target yang di inginkan Pemilik Usaha
tersebut.2
BAB II
KERANGKA TEORI
Pengertian Kerangka Teori
Kerangka
Teori atau Kerangka Pikir atau Landasan Teori adalah kesimpulan dari
Tinjauan Puskata yang berisi tentang konsep-konsep teori yang
dipergunakan atau berhubungan dengan penelitian yang akan
dilaksanakan.3
Menurut
James F. Storner Manajemen merupakan proses perencanaan,
pengorganisasian dan penggunaan sumber daya – sumber daya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.4
Kewirausahaan adalah sebuah usaha yang berani dan penuh resiko yang
berguna bagi dirinya dalam mencapai tingkat ekonomi yang lebih baik,
dan berguna bagi orang lain karena dapat memberikan lahan pekerjaan
bagi orang lain agar tidak berkurangnya jumlah pengangguran.
Jadi
Manajemen Kewirausahaan merupakan perencanaan, pengorganisasian, dan
pengubahan sumber daya manusia dan sumber daya alam demi sebuah usaha
untuk meningkatkan pendapatan yang lebih baik dan mengurangi jumlah
pengguran yang belum mendapatkan pekerjaan.5
BAB III
METODE PENELITIAN
Pengertian Metode Penelitian
Menurut Soerjono Soekanto,
Metodologi penelitian adalah kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan
suatu cara kerja (Sistematis) untuk memahami suatu subjek atau objek
penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat
dipertanggungjawbkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya.6
Pendekatan Dan Jenis Penelitian
Untuk mengenal sebuah hasil
penelitian yang sesuai akan target yang diinginkan.
Maka peneliti perlu menggunakan suatu metode dengan kelebihan dan
kekurangannya, dan kemudian didapatkan dengan penelitian, metode
penelitian, dengan tujuan dengan secara tepat mengungkap fakta sosial
memalui pengelolahan data.
Adapun pendekatan yang
digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini yaitu, pendekatan atau
paradigma naturalisasi atau disebut juga paradigma definisi sosial,
menekankan pada hakikat kenyataan sosial yang di dasarkan pada
definisi subjektif dan penilainnya. Paradigma naturalistik terbagi
atas beberapa aliran antara lain; Fenomena, Interaksi, Simbol, dll.
Namun di sini peneliti akan menggunakan aliran berdasarkan fenomena
yang terjadi, dan berharap peneliti dapat memahami arti dan kaitan
kaitannya terhadap orang banyak dalam situasi tertentu.
Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Kualitatif di mana kami mencari data sebanyak banyaknya
dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi agar dapat memenuhi
target informasi yang memadahi dalam penelitian ini.
Subyek Penelitian
Sesuai dengan judul
penelitin “Profil Home Industri Sekop UD. Andhi Jaya Sekop Jl
Mangga No. 263 Sruni Gedangan – Sidoarjo, maka yang menjadi subyek
penelitian adalah UD. Andhi Jaya Sekop”.
Tujuan peneliti memilih
bagian Profil, SDM, Pemasaran, Pengelolahan Produk, dan Keuangannya,
karena ingin mengetahu, mengamati, mempelajari tentang Profil Home
Industri Sekop UD. Andhi Jaya Sekop Jl Mangga No. 263 Sruni Gedangan
– Sidoarjo.
Jenis, Sumber Data, Dan Teknik Pengambilan Data
- Jenis
Primer Data yang diperoleh
peneliti dari hasil observasi, wawancara dan pengematan terhadap
responden pada wilayah penelitian. Ex; karyawan yang ada didalam
tempat produksi. Sedangkan pada penelitian ini jenis primer di
gunakan peneliti untuk mendapatkan informasi atas data dari responden
pada wilayah penelian atau karyawan UD. Andhi Jaya Sekop.
- Sumber Data
Informan
Di mana kami, peneliti
membuat, mengajukan sejumlah pertanyaan kepada responden (pegawai),
yang sesuai dengan apa yang akan diteliti, biasanya pertanyaan itu
akan dilakukan secara tatap muka, bahkan peneliti akan lebih tahu
mimik (cara bicara), cara responden menjawab informasi (pertanyaan )
yang peneliti ajukan. Data yang peneliti tanyakan kepada responden
antara lain mengenai sejarah Home Industri, Sumber Daya Manusia (SDM)
yang bekerja di Home Industri UD. Andhi Jaya Sekop, pengelolahan
produk, pemasaran produk, dan sistem pembukuan keuangan Home Industri
UD. Andhi Jaya Sekop.
- Teknik Pengambilan Data
- Wawancara
Bertanya secara langsung
secara tatap muka. Jadi peneliti bisa tahu mimik, gaya responden
memaparkan informasinya. Kepada peneliti.Wawancara yang peneliti
ajukan kepada Bapak Andhi sebagai pemilik Home
Industri Sekop UD. Andhi Jaya Sekop Jl Mangga No. 263 Sruni Gedangan
– Sidoarjo.
Wawancara peneliti mengenai data – tada tentang profil Home
Industri UD. Andhi Jaya Sekop, Sumber Daya Manusia (SDM),
pengelolahan produk, pemasaran terhadap produk, dan sistem pembukuan
keuangan yang ada di Home Industri UD. Andhi Jaya Sekop.
- Dokumentasi
Dokumentasi adalah Semua
kegiatan yang berkaitan dengan photo, dan penyimpanan photo.
Pengumpulan, pengolahan, dan penyimpanan informasi dalam bidang
pengetahuan.kumpulan bahan atau dokumen yang dapat digunakan sebagai
asas bagi sesuatu kejadian, penghasilan sesuatu terbitan. Arsip
kliping surat, photo-photo dan bahan referensinya yang dapat
digunakan sewaktu-waktu untuk melengkapi berita atau karangan dalam
pers. penyimpanan bahan-bahan desktipsi tertulis dari program
komputer. Ruang lingkup kerja yang meliputi pengumpulan, pemilihan,
pengolahan, dan penyimpanan informasi.7
Foto merupakan kegiatan
mengebadikan situasi tempat penelitian berupa gamabar (Jpg). Peneliti
mengembil teknik penelitian salah satunya dengan dokumentasi melalui
kamera Hand Phone (HP) untuk mengabadikan bentuk foto – foto proses
produksi dari awal
produksi hingga pengemasan, dan foto – foto berbagai macam alat
produksi yang digunakan home Industri UD.
Andhi Jaya Sekop ini.
- Observasi
Observasi merupakan
aktivitas seseorang peneliti terhadap suatu proses atau objek dengan
maksud merasakan dan kemudian memahami pengetahuan dari sebuah
fenomena berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui
sebelumnya, atau mendapatkan informasi – informasi yang dibutuhkan
dalam melanjutkan penelitian. 8
Peneliti mendatangi
tempat produksi Home Industri yang ada di Jl Mangga No. 263 Sruni
Gedangan – Sidoarjo,
untuk melihat, mengenal, mengamati tempat produksi, proses produksi,
dan bertemu dengan pemilik Home Industri, yaitu pak Andhi, dan kakak
Pak Andhi yaitu Pak Rony.
BAB IV
ANALISIS DATA
Latar Belakang berdirinya UD. ANDHI JAYA SEKOP
- Sejarah berdirinya Home industri
Nama Home Industri adalah
UD. Andhi Jaya. Berdiri pada tahun 2009 yang sebelumnya masih
bergabung dengan Home Industri keluarga pada tahun 2009. Home
Industri ini mulai muncul pada tahun 1986 oleh orang tua Pak Andhi
dan Pak Rony, dan pak Andhi merupakan generasi penerus yang ke – 2
(dua) setelah kakaknya yang sampai sekarang masih mengembangkan
usahanya yang bernama UD. Rony Jaya.9
- Latar Belakang dari Visi Misi Keluarga dan Home Industri.
Visi keluarga untuk Home
Industri UD. Andhi Jaya adalah ingin merubah pendapatan keluarga
dengan berwirausaha, membuka lapangan kerja bagi orang lain, dan
mengurangi fikiran hanya sekedar sebagai karyawan. Sedangkan Misi
keluarga untuk Home Industri adalah membuat usaha lebih berkembang,
maju, omset tinggi dan tentunya membangun indonesia lebih mandiri.
Profil Sumber Daya Manusia (SDM) di Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP
- Klasifikasi Karyawan UD. Andhi Jaya Sekop.
Saat peneliti melakukan
observasi dan wawancara terhadap pemilik UD. Andhi Jaya Sekop
mendapatkan senjumlah informasi mengenai Sumber Daya Manusia (SDM),
Jumlah seluruh Karyawan adalah 34 (tiga puluh empat) Orang yang
terdiri dari 33 (tiga puluh tiga) Orang Karyawan Laki – laki dan 1
(satu) Orang Karyawan Perempuan. Sedangkan untuk usia karyawan yang
ada berkisar ±40 (empat puluh tahun) ke atas.
Perekrutan Karyawan,
penarikan tenaga kerja merupakan proses atau tindakan yang dilakukan
oleh perusahaan untuk mendapatkan tambahaan tenaga kerja yang
tentunya melalui beberapat tahap proses yang mencakup identifikasi
dan evaluasi sumber – sumber penarikan tenaga kerja, kebutuhan
karyawan yang dibutuhkan, proses seleksi, penempatan, dan orientasi
tenaga kerja. Penarikan tenaga kerja (Karyawan) bertujuan menyediakan
tenaga kerja yang cukup agar Manajer dapat memilih karyawan yang
memiliki kualitas yang mereka perlukan, tahapannya meliputi;10
Seleksi merupakan proses
untuk menentukan apakah calon yang sudah melamar dapat diterima atau
tidak, seperti dari segi usia, pendidikan, keahlian, kemampuan
mengoprasikan Komputer jika penempatan dikantor, dll. Sedangkan di
UD. Andhi Jaya Sekop dalam perekrutan karyawan belum ada tindakan
khusus untuk proses seleksi seperti yang dijelaskan diatas, jadi di
UD. Andhi Jaya Sekop karyawannya, rata – rata didapat dari orang –
orang yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran) diajak untuk
mengoprasikan usahanya.
Dari segi pendidikan,
karyawan UD. Andhi Jaya Sekop terdiri dari 5 (Lima) Orang Karyawan
yang tidak mengenyam pendidikan sama sekali, ada yang hanya mengenyam
pendidikan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 20 (dua puluh) Orang karyawan,
dan yang belum sempat lulus dari Sekolah Dasar (SD) sebanyak 9
(sembilan) orang karyawan.
Karyawan yang bekerja di UD.
Andhi Jaya Sekop, rata – rata berasal dari kalangan menengah bawah
yang memerlukan pekerjaan agar tidak jadi pengangguran, 34 (tiga
puluh empat) yang sudah dijelaskan klasifikasinya diatas merupakan
dominan berasal dari sekitar tempat industri atau yang sering di
sebut tetangga Home Industri UD. Andhi Jaya Sekop itu sendiri.
- Division Of Labor (Pembagian Kerja).
Hakikat Spesialisasi kerja
merupakan penjelasan terhadap semua pekerjaan tidak dilakukan oleh
satu individu melainkan dipecah – pecah menjadi langkah –
langkah dengan setiap langkah diselesaikan oleh orang yang berbeda.11
Di UD. Andhi Jaya Sekop
pembagian tugas terdiri dariproses pembukaan drum bekas menjadi
lempengan dan dibakar lempengannya sebanyak 3 (tiga) orang Karyawan,
pemotongan lempengan menjadi ukuran bakal sekop sebanyak 5 (lima)
orang karyawan, mencetak dari lempengan bakal sekop jadi bentuk sekop
sebanyak 5 (lima) orang karyawan, bagian meratakan (merapikan) sekop
yang dibentuk tadi sebanyak 3 (tiga) orang karyawan, merendam sekop
tadi ke HCL biar menghilangkan karat sebanyak 2 (dua) orang karyawan.
Bagian menghaluskan
permukaan sekop yang telah dirapikan tadi ada 3 (tiga) orang
karyawan, untuk bagian pengecatan dengan dua warna cat (Hitam dan
Kuning ) ada dua orang karyawan, untuk orang yang bertempat dibagian
menghaluskan kayu pegangan sekop ada 2 (dua) Orang karyawan cewek,
selanjutnya bagian pemasangan pegangan kayu ke sekop yang sudah di
cat tadi sebanyak 3 (tiga) orang karyawan, pengemas sekop ke wadas
seperti karung sebanyak 4 (empat) orang karyawan, dan yang terakhir
karyawan yang di bagian pengiriman barang sebanyak 2 (dua) Supir dan
2 (dua) orang kuli. Sedangkan untuk 5 (lima) orang karyawan lainya
bertempat diproduksi cetok.
Diindustri ini dalam
penentuan pembagian pekerjaan belum memiliki ketetapan yang pasti,
jadi setiap orang yang pekerjaannya selesai maka orang tersebut
membantu pekerjaan temannya. Diindustri ini sistemnya target jika
mendapatkan pesanan. Sedangkan untuk bagian strukturnya, PT Andhi
Jaya sekop ini tidak formal dan belum ada struktuk yang dapat
menjelasskan jenjang karir yang lebih jelas lagi seperti diperusahaan
– perusahaan besar. Industri PT Andhi Jaya Sekop menggunakan sistem
freelance kepada karyawannya, dan untuk karyawan lama biasanya
berhenti karena bosan sudah mengapdi lama diindustri ini, karena
pekerjaannya juga sangat berat bagi mereka, dan untuk karyawan baru
didapat pak Andhi dari orang – orang yang pengangguran yang ingin
mendapatkan pekerjaan.
Manajemen Produksi Di Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP
Kata produksi berasal dari
kata “Production”yang
secara umum dapat diartikan membuat atau menghasilkan suatu barang
dari berbagai bahan lain. Sedangkan manajemen merupakan pengelolahan
yang mempunyai fungsi – fungsi merencanakan, mengorganisasian,
mengarahkan, mengakat pegawai, dan mengawasi.12
Jadi, Manajemen produkai
merupakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan dari urutan dari
beberapa kegiatan (Set
Of Activities)
untuk membuat barang (Produk) yang berasal dari bahan baku dan bahan
penolong lain. Proses kegiatan yang mengubah bahan baku menjadi
barang lain yang memiliki nilaitambah lebih tinggi disebut proses
produksi.13
Bidang produksi merupakan
suatu bidang yang ada perusahaan yang betugas untuk mengatur kegiatan
– kegiatan yang diperlukan bagi terselenggaranya proses produksi.14
proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah
kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang
ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih
bermanfaat bagi kebutuhan manusia.15
Secara singkat ruang lingkup manajemen Produksi yaitu terdiri
dari;Perencanaan Produksi (Production
Planning),
pelaksanaan Produksi, pengendalian produksi (Production
Control).16
Sedangkan Proses Produksi
yang dilakukan UD. ANDHI JAYA SEKOP dimulai dari jam 07:00 s/d 16 :
00, tahapannya sebagai berikut;
- Tahap – tahap Pembuatan dan Sistem kerja mesin.
- Tahap – tahap pembuatan sekop dimulai dari pengumpulan bahan baku utama yaitu drum – drum bekas yang didapat UD. ANDHI JAYA SEKOP dari pertamina atau tempat drum bekas berada yang sudah tidak digunakan lagi dari tempat asalnya (Gambar 1).
- Setelah drum – drum tersebut terkumpul dan dibawa ketempat industri UD. ANDHI JAYA SEKOP, drum – drum tersebut melalui tahap pertama yaitu yang awalnya drum berbentuk bulat memanjang dibuka menjadi lempeng – lempengan (Gambar 2).
- Lempengan dari potongan drum bekas tadi dibakar ditempat pembaharan yang seperti tempat pembakaran batu bata, Tujuan dari pembakaran ini yaitu untuk menghilangkan sisa – sisa minyak atau bahan lainya yang sebelumnya ada didalam drum tersebut (Gambar 2).
- Setelah di bakar didiaman sampai dingin dan dipotong menjadi lempengan kecil – kecil ukuran 40 x 30 cm (Gambar 3).
- Setelah dipotong di rendam kedalam cairan HCL (Hidrogen Klorida)berfungsi supaya menghilankan karat - karat dilempengan yang sudah dipotong tadi (Gambar 4)
- Setelah direndam didalam cairan HCL di angkat dan dijemur kembali, setelah lempeng – lempengan kecil ukuran 40 x 30 cm tadi dicetak menjadi sekop oleh alat yang bernama Hidrolis (Gambar 5).
- Bakal sekop tadi dirapikan pingir – pinggirnya, dihaluskan badannya, kemudian masuk pada proses pengecatan yang terdiri dari dua warna yaitu Hitam dan Kuning (Gambar 6,7,8,9,10,11).
- Masuk proses Finishing yaitu, pemasangan kayu pegangannya dan pelabelan (pemasangan label), dan pengemasan ke karung untuk dikirim ke pelanggan. Ilustrasi Proses Produksi sebagaimana terlampir (Gambar 12,13,14,15).
- Macam – macam Produk.
Di Home Industri UD. ANDHI
JAYA SEKOP ini, telah menghasilkan berbagai macam produksi alat
bangunan tradisional, yaitu meliputi;
- Sekop
- Pacul
- Linggis
- Cethok
- Ganco
Strategi Pemasaran Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP
- Strategi Pemasaran.
Pengertian pemasaran
berkaitan dengan usaha atau kegiatan memasarkan suatu barang atau
jasa yang dilakukan produsen terhadap konsumen. Secara umum pemasaran
merupakan suatu rangkaian kegiatan terarah dan terpadu yang dilakukan
produsen dalam bentuk perencanan dan pengendalian harga, promosi, dan
penyaluran dana atau jasa yang diproduksi, sehingga dapat memenuhi
kebutuhan konsumen.Difinisi Marketing menurut Philip Kotler yaitu,
“Marketing is the analysis, planning, implementation and control of
carefully formulated programs designed to bring about voluntary
exchanges of values with target market to achieve institutional
objectives”
Pemasaran merupakan analisis, perencanaan, dan pengendalian dari
suatu program yang telah diinformasikan dan direncanakan secara
seksama untuk menciptkan pertukaran nilai secara sukarelawan dalam
suatu pasar yang ditargetkan, untuk mencapai tujuan perusahaan.17
Strategi Pemasaran secara
umum merupakan, serangkaian kebijakan yang terpadu yang terarah dan
menjadi pedoman kegiatan berbagai jenjang unit pemasaran untuk
mencapai target penjualan dalam wilayah pemasaran tertentu, sesuai
dengan perubahan kondisi dan lingkungan usaha bisnis bersangkutan.18
Dan strategi pemasaran suatu perusahaan harus berdasarkan analisis
lingkungan atau yang sering dikenal dengan istilah SWOT Analysis.
Gambar
2: Marketing Mix:
Keterangan:
Salah
satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan
adalah marketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan
Armstrong yang menyatakan bahwa marketing
mix as the set of controllable marketing variables that the firm
bleads to produce the response it wants in the target market”.Dari
definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan
variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan
tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran. Dan untuk usaha jasa
terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk,
Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.19
- Promotion Mix
Kegiatan promosi pada
dasarnya banyak berhubungan dengan aktivitas komunikasi untuk tujuan
pemasaran, sehingga banyak pakar yang menyamakan promosi dengan
komunikasi pemasaran.
Menurut Saladin, adapun
pengertian promosi menurut William
J Stanton
dalam buku ciptaannya yang berjudul“Manajemen Pemasaran” edisi
Ke-4(empat), yaitu : “Promotion
is the element in an organization’s marketing mix that serves to
inform, persuade, and remind the market of the organization and or
its products”.
Artinya : Promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran
perusahaan yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan
mengingatkan tentang produk perusahaan. Adapun Bagian – bagiannya
seperti Gambar di atas, dan penjelasannya sebagai berikut;
- Advertising : kegiatan pemasaran yang mengunakan iklan seperti ikalan koran, majalah, radio, katalog, poster, dll.
Di UD. ANDHI
JAYA SEKOP menggunakan model pemasaran Advertising seperti poster,
pamflet, dan nota hasil penjualan, di
UD. ANDHI JAYA
SEKOP pamflet disebar dan dibawa saat mempromosikan ke tempat toko
bangun, dll.
- Public Relations : kegiatan dalam memperkenallkan produk
Di UD. ANDHI
JAYA SEKOP dalam memperkenalkan produknya dengan cara mendatangi
dirtributor atau toko – toko bangunan untuk menjelaskan dan
menawarkan secara langsung.
- Personal selling :Menurut Peter dan Olson, Merupakan bentuk interaksi secara langsung antara salesperson dengan konsumen atau pembeli potensial.
Sedangkan pemilik
UD. ANDHI JAYA SEKOP melakukan penjualan secara tatapmuka, pemilik
UD. ANDHI JAYA SEKOP mendatangi dan bertemu lansung dengan pemilik
toko bangunan (galangan) dan memasarkan produknya ditempat itu juga.
- Sales promotion : Promosi penjualan merupakan fungsi dari marketing komunikasi yang memperbesar aksi melalui penambahan insentif dalam menawarkan merek.
Sedangkan di UD.
ANDHI JAYA SEKOP belum menggunakan strategi pemasaran sales
Promotion.
- Inovasi produk sesuai dengan minat konsumen
Sampai saat ini inovasi
produk yang sudah dipasarkan sebanyak 5 (Lima) macamyang sudah
dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.Macam – macam inovasi agar
dapat bersaing ; Pak Andhi selaku pemilik UD. Andhi Jaya, melakukan
inovasi yang terdapat pada produknya, seperti yang disebutkan diatas,
bahwasanya produk yang telah dihasilkan sebanyak 5 (Lima) macam.
Pesaing dan Cara bertahan ;
Pesaing dari UD. Andhi Jaya dalam lingkup wilayah Surabaya berjumlah
sekitar ± 5 Pesaing. (Tidak
mau menyebutkan
tempat – tempat ke – 5 pesaingnya)
Sistem Pembukuan Keuangan Home Industri UD. ANDHI JAYA SEKOP.
- Modal awal perusahaan
Modal awal Home Industri UD.
Andhi Jaya yaitu didapat dari bantuan orang tua berupa sepedah motor
1 (satu) dan Mobil tua 1 (satu), jadi Pak Andhi menjual sepedah
motornya yang laku Rp, 7.000.000,- (tujuh juta rupiah ) dan Mobil Tua
yang sudah tidak layak untuk dibuat kerja laku Rp, 25.000.000,- (dua
puluh lima juta rupiah)untuk dijadikan modal awal dalam usahannya
tersebut pada tahun 2009.
- Pengeluaran untuk apa saja.
Pengeluaran untuk bahan baku
seperti drum bekas, mesin – mesin, bahan –bahan tambahan seperti
bahan penghidup mesin (solar), HCL (Hidrogen Klorida), dan
pengeluaran lain untuk bayar kerusakan - kerusakan mesin, dll. Disini
pemilik tidak berkenan untuk menunjukan secara spesifik pengeluaran
berdasarkan pembukuan yang ada, jadi kami hanya diberi tahu untuk apa
saja pengeluaran dan untuk berapa saja itu jadi rahasia pemilik
usaha.
- Pemasukan
Untuk pemasukan UD. ANDHI
JAYA SEKOP, responden tidak memberikan informasi secara specific
(khusus) dengan terperinci, namun pak Andhi hanya menjelaskan total
dalam pembukuanya dilakukan pada saat Hari Raya Idul Fitri pada saat
itu juga menentukan pengeluaran zakat Home Industri, sedangkan untuk
total keuntungan dalam produksi kira – kira 10% (persen) perbulan.
Kendala – Kendala Yang Di Hadapi Home IndustriUD. ANDHI JAYA SEKOP.
Sebagaimana yang diketahui
bahwa ada sebagian orang merintis usaha begitu mudah, namun sebuah
usaha bukan lantas lurus tanpa hambatan dan rintangan, jadi hambatan
dan rintangan yang dilalui Home Industri UD. Andhi Jaya yaitu
meliputi tiga aspek yaitu, pemasaran, keuangan, dan sumber daya
manusia (SDM).
Tiga pokok Kendala yang
sering terjadi pada perusahaan kecil atau Home Idustri. Kendala yang
pertama merupakan kendala yang terjadi pada;
- Pemasaran, Home Industri UD. Andhi Jaya mengunakan pemasaran dengan tradisonal, hanya menggunakan metode isu mulut ke mulut, Nota, dan datang langsung dengan menawarkan kepada pemasok toko bahan atau alat bangunan dengan membawa sampel yang sudah jadi dengan menunjukan kualitas produk yang dihasilkan Home Industri UD. Andhi Jaya .
Persaingan dalam pemasaran
produk ini, dipengaruhi dengan konsumen yang lebih suka atau berminat
dengan produk luar negeri (impor) yang menurut mereka lebih
berkualias tinggi, jadi produk – produk yang ada diindonesia rata –
rata kalah dengan adanya produk luar yang masuk ke Indonesia.
Namun menurut buku manajemen
pemasaran konsep pemasaran telah diungkapkan dengan berbagai macam
cara antara lain :20
- “Temukan keinginan pasar dan penuhilah”.
- “Buatlah apa yang dapat dijual dan jangan berusaha menjual apa yang dapat anda buat”.
- “Cintailah pelanggan, bukan produk anda”.
- “Lakukanlah menurut cara anda”.
- “ andalah yang menentukan ”.
- “melakukan segalanya dalam batas kemampuan kami untuk menghargai uang pelanggan yang sarat dengan nilai, mutu dan kepuasaan” (JC Penney)
Jadi Pemasaran yang
dilakukan UD. Andhi Jaya sebenarnya sudah benar, namun metode atau
cara yang digunakan tersebut akan berjalan lama, sebaiknya UD. Andhi
Jaya mulai menggunakan Teknik Pemasaran yang sudah dijelaskan dalam
buku tadi agar dapat melangkah lebih cepat dari sebelumnya dalam
mendapatkan konsumen atau pelanggan.
Kalau UD. Andhi Jaya
sebelumnya hanya menggunakan cara mendatangi Konsumen untuk
memasarkan produknya (dari mulut ke mulut, dan melalui nota bukti
pembelian), namun sebaiknya UD. Andhi Jaya sudah memulai meinovasi
konsep pemasarannya, seperti halnya memasang Iklan atau poster
tentang produknya dengan memasang kelebihan – kelebihan yang
dimiliki.
- Sumber Daya Manusia (SDM) kendala yang terdapat pada SDM-nya yaitu terletak pada semangat kerja mereka yang kurang, dan kualitas perekrutan yang belum sesuai dengan standar karwan yang masuk katagori baik, dan kendala lainnya karena sistem kerja tidak menggunakan sistem kontrak, bahkan yang kerja rata – rata adalah orang yang sudah tua, terkadang ada yang tiba – tiba minta berhenti gara – gara bosan karena sudah kerja lama, rata – rata 20 sampai dengan 25 tahun.21
- Keuangan, Home Industri UD. Andhi Jaya mengunakan modal awal dari hasil menjual sepedah motonya dan mobil tua Ayahnya, dengan modal tersebut pak Andhi pemilik Home Industri UD. Andhi Jaya mengembangkan sedikit demi sedikit usahanya agar dapat maju pesat. Disis lain kendala dari keuangannya adalah pembayaran dari distributor yang kadang mundur tidak menentu, jadi uang yang seharusnya berputar secara lancar jadi lambat karena dana penjualan masih macet didisbutor atau pembeli dan pelanggan lainnya.
- Teknis Oprasional, kendala lainya yaitu jika ada mesin yang tiba – tiba rusak yang membuat produksi terhambat, dan juga mengakibatkan banyak waktu yang terbuang sia – sia sampai mesin siap untuk digunakan kembali. Mesinnya lumayan banyak namun jika ada kerusakan satu mesin saja, sudah sangat merugikan usaha ini karena dapat mengurangi target per-Hari hasil sekop yang jadi.
Lampiran:
BAB V
PENUTUP
Keimpulan
Menurut
James F. Storner Manajemen merupakan proses perencanaan,
pengorganisasian dan penggunaan sumber daya – sumber daya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.22
Kewirausahaan adalah sebuah usaha yang berani dan penuh
resiko yang berguna bagi dirinya dalam mencapai tingkat ekonomi yang
lebih baik, dan berguna bagi orang lain karena dapat memberikan lahan
pekerjaan bagi orang lain agar tidak berkurangnya jumlah
pengangguran.
Jadi
Manajemen Kewirausahaan merupakan perencanaan, pengorganisasian, dan
pengubahan sumber daya manusia dan sumber daya alam demi sebuah usaha
untuk meningkatkan pendapatan yang lebih baik dan mengurangi jumlah
pengguran yang belum mendapatkan
pekerjaan.23
Pak
Andhi adalah seorang wirausahawan cukup sukses dalam menjalankan
usahannya yang beliau beri nama UD. Andhi Jaya Sekop, pak Andhi
berhasil memiliki 35 orang sumber daya manusia yang mampu menjalankan
misi dan visi industri untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan
sebelumnya. Beliau juga sudah memakai teknik manajemen produksi,
Manajemn Sumber Daya Manusia, Strategi Pemasaran, dan manajemen
Keuangan secara bagus, meskipun belum sempurna seperti teori, karena
industrinya masih tergolong Usaha Kecil Menengah (UKM).
DAFTAR PUSTAKA
Wawancara pak
Andhi (pemilik Home Industri Andhi Jaya) tgl 23 Maret 2014.
Sondang P
Siagian, 1995. Manajemen.
Jakarta, Bumi Aksara, hal. 15.
Suparyanto, 28
Mei 2014, diakses dari
http://drsuparyanto.blogspot.com/2009/11/tujuan-kerangka-teori-konseptual-dan.html.
Haris Budiono,
Amirullah, 2004, pengertian
manajemen (Pengantar manajemen),
Yogyakarta. Graha Ilmu, hal, 6-7.
Masitoh, 28 Mei
2014, diakses dari
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194806261980112-MASITOH/Manajemen_Kewirausahaan-Dra._Masitoh,_M.Pd..pdf.
Roslan Rosadi,
2006. Metode
Penelitian,
Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, hal. 24.
Yurike
Riestia, 28 Mei 2014, diakses
darihttp://yurikeriestia.blogspot.com/2012/06/prngertian-dokumen-dan-dokumentasi.html
Emaus Bot, 15
Mei 2014 diakses dari http://id.m.wikipedia.org/wki/pengamatan.
Wawancara pak
Andhi (pemilik Home Industri Andhi Jaya) tgl 23 Maret 2014.
Haris Budiyono
Amirullah, 2004. Manajemen Sumberdaya Manusia (Pengantar Manajemen).
Graha Ilmu, Yogyakarta, hal. 209 - 210.
Haris budiono
Amiruallah, 2004. Bidang
Operasionl (pengantar manajemen).
Yogyakarta, Graha Ilmu, hal. 169.
Prawirososentono
Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar
Grafika offset, hal.5.
Prawirososentono
Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar
Grafika offset, hal.1.
Haris budiono
Amiruallah, 2004. Bidang
Operasionl (Pengantar Manajemen).
Yogyakarta, Graha Ilmu, hal. 15.
Prawira, 2011,
diakses pada tanggal 28 Aplil 2014 dari
http://yprawira.wordpress.com/pengertian-dan-proses-produks.
Prawirososentono
Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar
Grafika offset, hal.5.
Prawirososentono
Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar
Grafika offset, hal.22-23.
Prawirososentono
Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar
Grafika offset, hal.24.
Eko Marwanto, 5
Mei 2014 diakses dari
http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html
Kotler Philip,
1996, Konsep
Pemasaran (manajemen pemasaran),
Cet ke-6, PT Glora Aksara Pratama, Jakarta, hal. 21 – 22.
Wawancara pak
Rony (kakak pemilik Home Industri Andhi Jaya) tanggal 23 Maret 2014.
Haris Budiono,
Amirullah, 2004, pengertian manajemen (Pengantar manajemen),
Yogyakarta. Graha Ilmu, hal, 6-7.
Masitoh, 28 Mei
2014, diakses dari
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194806261980112-MASITOH/Manajemen_Kewirausahaan-Dra._Masitoh,_M.Pd..pdf.
1
Wawancara pak Andhi (pemilik Home Industri Andhi Jaya) tgl 23 Maret
2014.
2
Sondang P Siagian, 1995. Manajemen.
Jakarta, Bumi Aksara, hal. 15.
3
Suparyanto, 28 Mei 2014, diakses dari
http://drsuparyanto.blogspot.com/2009/11/tujuan-kerangka-teori-konseptual-dan.html.
4
Haris Budiono, Amirullah, 2004, pengertian manajemen (Pengantar
manajemen), Yogyakarta. Graha Ilmu, hal, 6-7.
5
Masitoh, 28 Mei 2014, diakses dari
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194806261980112-MASITOH/Manajemen_Kewirausahaan-Dra._Masitoh,_M.Pd..pdf.
6
Roslan Rosadi, 2006. Metode
Penelitian, Jakarta, PT Raja
Grafindo Persada, hal. 24.
7 Yurike Riestia, 28 Mei 2014, diakses darihttp://yurikeriestia.blogspot.com/2012/06/prngertian-dokumen-dan-dokumentasi.html
8 EmausBot,
15 Mei 2014 diakses dari http://id.m.wikipedia.org/wki/pengamatan.
9
Wawancara pak Andhi (pemilik Home Industri Andhi Jaya) tgl 23 Maret
2014.
10
Haris Budiyono Amirullah, 2004.
Manajemen Sumberdaya Manusia (Pengantar Manajemen). Graha
Ilmu, Yogyakarta, hal. 209 - 210.
11
Haris budiono Amiruallah, 2004. Bidang
Operasionl (pengantar manajemen).
Yogyakarta, Graha Ilmu, hal. 169.
12
Prawirososentono Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar Grafika offset,
hal.5.
13
Prawirososentono Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar Grafika offset,
hal.1.
14
Haris budiono Amiruallah, 2004. Bidang
Operasionl (Pengantar Manajemen).
Yogyakarta, Graha Ilmu, hal. 15.
15
Prawira, 2011, diakses pada tanggal 28 Aplil 2014 dari
http://yprawira.wordpress.com/pengertian-dan-proses-produks.
16
Prawirososentono Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar Grafika offset,
hal.5.
17
Prawirososentono Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar Grafika offset,
hal.22-23.
18
Prawirososentono Sujadi, 1997. Arti
dan ruang lingkup manajemen produksi (Manajemen produk dan
oprasi).Sinar Grafika offset,
hal.24.
19 Eko
Marwanto, 5 Mei 2014 diakses dari
http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html
20 Kotler
Philip, 1996, Konsep Pemasaran
(manajemen pemasaran), Cet
ke-6, PT Glora Aksara Pratama, Jakarta, hal. 21 – 22.
21
Wawancara pak Rony (kakak pemilik Home Industri Andhi Jaya) tanggal
23 Maret 2014.
22
Haris Budiono, Amirullah, 2004, pengertian manajemen (Pengantar
manajemen), Yogyakarta. Graha Ilmu, hal, 6-7.
23
Masitoh, 28 Mei 2014, diakses dari
http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194806261980112-MASITOH/Manajemen_Kewirausahaan-Dra._Masitoh,_M.Pd..pdf.
Komentar
Posting Komentar