BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang.
Masalah pemasaran merupakan
salah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi perusahaan atau
wirausahaawan dalam kesehariannya. Pemasaran digunakan untuk
memberitahukan, menawarkan barang, jasa. Namun disisi lain pemasaran
juga terjadi pada orang, dibidang sumber daya manusia (SDM), banya
kalangan yang menawarkan kemampuan dan keahliannya untuk digunakan
dalam pelaksanaan (Oprasional) perusahaan. Dengan tingginya jenjang
pendidikan yang telah ditempuh seseorang, menjadi salah satu modal
bagi mereka dalam meyakinkan perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga
pelayanan umum, dll. Untuk menggunakan tenaga dan pemikirannya dalam
menjalankan perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pelayanan umum
tersebut.
Maka dari itu penulis
bertujuan untuk mengamati dan menuliskan tentang apa, bagaimana, dan
memiliki tujuan apa dalam pemasaran orang, disebuah organisasi intra
kampus seperti halnya mepromosikan calon Ketua Himpunan Mahasiswa
Manajemen Dakwah (HIMAPRODI - MD) di Universitas Sunan Ampel
Surabaya.
Surabaya,
25 Mei 2014
Rumusan Masalah.
- Apa Yang Dimaksud Pemasaran Orang ?
- Bagaimana Strategi Pemasaran Orang ?
- Apa Tujuan Dalam Pemasaran Orang?
Tujuan masalah.
- Untuk Mengetahui Yang Dimaksud Pemasaran Orang ?
- Untuk Mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran Orang ?
- Untuk Mengetahui Apa Yang Menjadi Tujuan Dalam Pemasaran Orang?
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Pemasaran Orang.
Menurut Mc Carthy Pemasaran
(Marketing) merupakan perencanaan secara efisien penggunaan sumber –
sumber dan pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke
konsumen, jadi tujuan kedua belah pihak (produsen dan konsumen)
tercapai.1
Menurut Philip Kotler Pemasaran merupakan analisis, perencanaan, dan
pengendalian dari suatu program yang telah diformulasikan dan
dirancang secara seksama untuk menciptakan pertukaran nilai secara
sukarela dalam suatu pasar yang ditargetkan, untuk mencapai tujuan
perusahaan, dll.2
Secara Biologis Manusia atau
Orang diklasifikasinkan sebagai Homo sapiens (manusia
yang tahu)
merupakan sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang
dilengkapi otak berkemampuan tinggi.3
Dan yang dimaksud disi merupakan orang atau manusia yang memiliki
kemampuan, keahlian, pemahaman, dan pendidikan tinggi untuk memberi
hal positif kepada perusahaan atau orang banyak.
Jadi yang dimaksud dari
Pemasaran orang disini merupakan, kegiatan menganalisis perencanaan,
dan pengendalian dari suatu program yang telah diformulasikan dan
dirancang secara seksama untuk menciptakan kepercayaan halayak umum
(orang banyak) terhadap diri seseorang yang dipromosikan guna
memberikan suaranya, karena disini penulis membahas mengenai
pemasaran manusia (orang) dalam dunia organisasi maka penulis memilih
yang ada yaitu pemasara orang (Calon Ketua) Himpunan Mahasiswa
Manajemen Dakwah (Himaprodi - MD), agar Mahasiswa Manajemen Dakwah
yang lain dari semester paling muda sampai semester tua, dapat
menuangkan suaranya kepada orang (Calon) yang tepat dengan
menggunakan metode pemasaran (Menawarkan).
Strategi Pemasaran Orang.
Strategi pemasaran merupakan
serangkaian kebijakan pemasaran yang terpadu dan terarah yang jadi
pedoman kegiatan berbagai jenjang unit pemasaran untuk mencapai
target penjualan dalam wilayah pemasaran tertentu, sesuai degan
perubahan kondisi dan lingkungan usaha bisnis bersangkutan.
Strategi pemasaran harus
didasarkan atas analisis lingkungan internal maupun eksternal
perusahaan atau lingkungan organisasi. Analisis internal Perusahaan
atau organisasi merupakan analisis keunggulan dan kelemahan
perusahaan atau organisasi. Sedangkan analisis eksternal merupakan
analisis berbagai faktor luar mempengaruh perusahaan atau organsasi,
dan analisis atas kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang
(Opprtunity), ancaman (Threat), yang dihadapi perusahaan atau
organisasi yang datang dari lingkungan usaha atau organisasi dikenal
dengan sebutan SWOT Analysis.4
Jadi disini dijelaskan
strategi pemasaran orang dapat menggunakan analisis SWOT, untuk
mengetahui kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang
(Oppprtunity), dan ancaman (Threat) apa saja yang ada dilingkungan
organisasi agar Orang (Calon Ketua), dapat memasarkan dirinya dengan
tepat. Alat yang digunakan untuk promosi atau memasarkan orang yaitu
dapat menggunakan model Advertising (periklanan) yaitu merupakan
salah satu alat untuk pemasaran ke orang banyak, selain promosi
penjualan seperti pameran, selebaran atau sebagainya. Periklanan
merupakan usaha untuk memberikan informasi tentang barang, produsen,
dan orang mencalonkan dirinya, dan jasa melalui iklan kepada
pelanggan atau orang lain sebanya – banyaknya.5
Contoh Melalui
periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada
pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut
dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise
dan direct mail. Dan dari media – media yang telah disebutkan tadi
dapat digunakan oleh para Calon Pemimpin Himpunan Mahasiswa, namun
karena ranahnya masih lingkup kampus, terkadang para mahasiswa lebih
menggunakan pamflet, benner, dan media online seperti Facebook,
twitter, Sms, dll.
Tujuan Pemasaran Orang.
Tujuan
dari pemasaran orang yaitu, memperkenalkan kepada khalayak (Orang
banyak), atas adanya calon atau kandidat yang diajukan yang memiliki
kemampuan, keahlian, keunikan tersendiri agar dapat memperoleh
peminat (suara pendukung yang banyak), dalam pencapaian tujuan
bersama.
BABIII
PENUTUP
Kesimpulan
Jadi dari pengertian
pemasaran yang sudah dipaparkan diatas dapat disimpulakan, pemasaran
halnya seperti perencanaan, dan pengendalian dari suatu program yang
telah diformulasikan dan dirancang secara seksama untuk menciptakan
pertukaran nilai secara sukarela dalam suatu pasar yang ditargetkan,
untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Pemasaran
orang merupakan kegiatan memasarkan keahlian, kemampuan, kemahiran
dalam diri seseorang, yang bertujuan untuk menarik keingginan orang
banyak menggunakan tenaga dan pikirannya dalam mengelolah atau
menjalankan perusahaan, lembaga pemerintah, organisasi, dll.
Diatas juga dijelaskan dalam
pemasaran orang tidak dengan pemasaran produk dan jasa. Dalam
pemasaran orang juga penting untuk menggunakan analisis lingkungan
atau yang lebit dikenal dengan istilah SWOT. Begitu juga menggunakan
alat promosi seperti Advetising dan Personal Selling.
DAFTAR PUSTAKA
Asri Marwan, 1991,
Pengertian Pemasaran,
Marketing,Yogyakarta, hal. 13
– 14.
Prawirosentoso Sujadi, 1997,
Pengertan Pasar Dan Manajemen
Pemasaran, Manajemen Prosuk dan Oprasi,
Jakarta, hal. 23.
2014, Pengertian
Manusia atau Orang, Wikipedia Bahsa Indonesia,
diakses pada tanggal 23 Mei 2014,
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang.html.
1
Asri Marwan, 1991, Pengertian
Pemasaran, Marketing,Yogyakarta,
hal. 13 – 14.
2
Prawirosentoso Sujadi, 1997, Pengertan
Pasar Dan Manajemen Pemasaran, Manajemen Prosuk dan Oprasi,
Jakarta, hal. 23.
3
2014, Pengertian Manusia atau
Orang, Wikipedia Bahsa Indonesia,
diakses pada tanggal 23 Mei 2014,
http://id.wikipedia.org/wiki/Orang.html.
4
Prawirosentoso Sujadi, 1997, Pengertan
Strategi Pemasaran , Manajemen Prosuk dan Oprasi,
Jakarta, hal. 24-25.
5
Asri Marwan, 1991, Advertising
(Periklanan), Marketing,Yogyakarta,
hal. 387-.
Komentar
Posting Komentar