Langsung ke konten utama

Pemasaran Orang

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang.

Masalah pemasaran merupakan salah satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi perusahaan atau wirausahaawan dalam kesehariannya. Pemasaran digunakan untuk memberitahukan, menawarkan barang, jasa. Namun disisi lain pemasaran juga terjadi pada orang, dibidang sumber daya manusia (SDM), banya kalangan yang menawarkan kemampuan dan keahliannya untuk digunakan dalam pelaksanaan (Oprasional) perusahaan. Dengan tingginya jenjang pendidikan yang telah ditempuh seseorang, menjadi salah satu modal bagi mereka dalam meyakinkan perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pelayanan umum, dll. Untuk menggunakan tenaga dan pemikirannya dalam menjalankan perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pelayanan umum tersebut.
Maka dari itu penulis bertujuan untuk mengamati dan menuliskan tentang apa, bagaimana, dan memiliki tujuan apa dalam pemasaran orang, disebuah organisasi intra kampus seperti halnya mepromosikan calon Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Dakwah (HIMAPRODI - MD) di Universitas Sunan Ampel Surabaya.
Surabaya, 25 Mei 2014

Rumusan Masalah.

  1. Apa Yang Dimaksud Pemasaran Orang ?
  2. Bagaimana Strategi Pemasaran Orang ?
  3. Apa Tujuan Dalam Pemasaran Orang?

Tujuan masalah.

  1. Untuk Mengetahui Yang Dimaksud Pemasaran Orang ?
  2. Untuk Mengetahui Bagaimana Strategi Pemasaran Orang ?
  3. Untuk Mengetahui Apa Yang Menjadi Tujuan Dalam Pemasaran Orang?

BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian Pemasaran Orang.

Menurut Mc Carthy Pemasaran (Marketing) merupakan perencanaan secara efisien penggunaan sumber – sumber dan pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, jadi tujuan kedua belah pihak (produsen dan konsumen) tercapai.1 Menurut Philip Kotler Pemasaran merupakan analisis, perencanaan, dan pengendalian dari suatu program yang telah diformulasikan dan dirancang secara seksama untuk menciptakan pertukaran nilai secara sukarela dalam suatu pasar yang ditargetkan, untuk mencapai tujuan perusahaan, dll.2
Secara Biologis Manusia atau Orang diklasifikasinkan sebagai Homo sapiens (manusia yang tahu) merupakan sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.3 Dan yang dimaksud disi merupakan orang atau manusia yang memiliki kemampuan, keahlian, pemahaman, dan pendidikan tinggi untuk memberi hal positif kepada perusahaan atau orang banyak.
Jadi yang dimaksud dari Pemasaran orang disini merupakan, kegiatan menganalisis perencanaan, dan pengendalian dari suatu program yang telah diformulasikan dan dirancang secara seksama untuk menciptakan kepercayaan halayak umum (orang banyak) terhadap diri seseorang yang dipromosikan guna memberikan suaranya, karena disini penulis membahas mengenai pemasaran manusia (orang) dalam dunia organisasi maka penulis memilih yang ada yaitu pemasara orang (Calon Ketua) Himpunan Mahasiswa Manajemen Dakwah (Himaprodi - MD), agar Mahasiswa Manajemen Dakwah yang lain dari semester paling muda sampai semester tua, dapat menuangkan suaranya kepada orang (Calon) yang tepat dengan menggunakan metode pemasaran (Menawarkan).

Strategi Pemasaran Orang.

Strategi pemasaran merupakan serangkaian kebijakan pemasaran yang terpadu dan terarah yang jadi pedoman kegiatan berbagai jenjang unit pemasaran untuk mencapai target penjualan dalam wilayah pemasaran tertentu, sesuai degan perubahan kondisi dan lingkungan usaha bisnis bersangkutan.
Strategi pemasaran harus didasarkan atas analisis lingkungan internal maupun eksternal perusahaan atau lingkungan organisasi. Analisis internal Perusahaan atau organisasi merupakan analisis keunggulan dan kelemahan perusahaan atau organisasi. Sedangkan analisis eksternal merupakan analisis berbagai faktor luar mempengaruh perusahaan atau organsasi, dan analisis atas kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Opprtunity), ancaman (Threat), yang dihadapi perusahaan atau organisasi yang datang dari lingkungan usaha atau organisasi dikenal dengan sebutan SWOT Analysis.4
Jadi disini dijelaskan strategi pemasaran orang dapat menggunakan analisis SWOT, untuk mengetahui kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), peluang (Oppprtunity), dan ancaman (Threat) apa saja yang ada dilingkungan organisasi agar Orang (Calon Ketua), dapat memasarkan dirinya dengan tepat. Alat yang digunakan untuk promosi atau memasarkan orang yaitu dapat menggunakan model Advertising (periklanan) yaitu merupakan salah satu alat untuk pemasaran ke orang banyak, selain promosi penjualan seperti pameran, selebaran atau sebagainya. Periklanan merupakan usaha untuk memberikan informasi tentang barang, produsen, dan orang mencalonkan dirinya, dan jasa melalui iklan kepada pelanggan atau orang lain sebanya – banyaknya.5
Contoh Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail. Dan dari media – media yang telah disebutkan tadi dapat digunakan oleh para Calon Pemimpin Himpunan Mahasiswa, namun karena ranahnya masih lingkup kampus, terkadang para mahasiswa lebih menggunakan pamflet, benner, dan media online seperti Facebook, twitter, Sms, dll.

Tujuan Pemasaran Orang.

Tujuan dari pemasaran orang yaitu, memperkenalkan kepada khalayak (Orang banyak), atas adanya calon atau kandidat yang diajukan yang memiliki kemampuan, keahlian, keunikan tersendiri agar dapat memperoleh peminat (suara pendukung yang banyak), dalam pencapaian tujuan bersama.






BABIII

PENUTUP

Kesimpulan

Jadi dari pengertian pemasaran yang sudah dipaparkan diatas dapat disimpulakan, pemasaran halnya seperti perencanaan, dan pengendalian dari suatu program yang telah diformulasikan dan dirancang secara seksama untuk menciptakan pertukaran nilai secara sukarela dalam suatu pasar yang ditargetkan, untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Pemasaran orang merupakan kegiatan memasarkan keahlian, kemampuan, kemahiran dalam diri seseorang, yang bertujuan untuk menarik keingginan orang banyak menggunakan tenaga dan pikirannya dalam mengelolah atau menjalankan perusahaan, lembaga pemerintah, organisasi, dll.
Diatas juga dijelaskan dalam pemasaran orang tidak dengan pemasaran produk dan jasa. Dalam pemasaran orang juga penting untuk menggunakan analisis lingkungan atau yang lebit dikenal dengan istilah SWOT. Begitu juga menggunakan alat promosi seperti Advetising dan Personal Selling.



DAFTAR PUSTAKA




Asri Marwan, 1991, Pengertian Pemasaran, Marketing,Yogyakarta, hal. 13 – 14.

Prawirosentoso Sujadi, 1997, Pengertan Pasar Dan Manajemen Pemasaran, Manajemen Prosuk dan Oprasi, Jakarta, hal. 23.

2014, Pengertian Manusia atau Orang, Wikipedia Bahsa Indonesia, diakses pada tanggal 23 Mei 2014, http://id.wikipedia.org/wiki/Orang.html.



1 Asri Marwan, 1991, Pengertian Pemasaran, Marketing,Yogyakarta, hal. 13 – 14.

2 Prawirosentoso Sujadi, 1997, Pengertan Pasar Dan Manajemen Pemasaran, Manajemen Prosuk dan Oprasi, Jakarta, hal. 23.

3 2014, Pengertian Manusia atau Orang, Wikipedia Bahsa Indonesia, diakses pada tanggal 23 Mei 2014, http://id.wikipedia.org/wiki/Orang.html.


4 Prawirosentoso Sujadi, 1997, Pengertan Strategi Pemasaran , Manajemen Prosuk dan Oprasi, Jakarta, hal. 24-25.

5 Asri Marwan, 1991, Advertising (Periklanan), Marketing,Yogyakarta, hal. 387-.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PENELITIAN PROSES PRODUKSI PT. AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT) DI KEJAYAN – PASURUAN 27 Februari 2014

LAPORAN PENELITIAN PROSES PRODUKSI PT. AMERTA INDAH OTSUKA (POCARI SWEAT) DI KEJAYAN – PASURUAN 27 Februari 2014 Dosen Pembimbing: Ahmad Khairul Hakim, S.Ag, M.Si 197512302003121001 Program Studi Manajemen Dakwah (Prodi-MD)  Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya 2014 Tim Penyusun:   Keterangan Nama; 1.     AISHA NURIANI BUDIONO              B34211053 2.     FITRI ANDRIANI                                 B34211056 3.     IKA HARIYATI                     ...

Note

In life,there will always be people who don't like,and then the matter is not your affair. You do not care them because of two reasons. They do not like you: … 1: you are enjoying your self 2; She's Not enjoying herself… They just wish to have the live like you And then,  will be happy, because your happiness is Sadness for those who hate. 😊

MENJEMPUT JODOH DENGAN SOLAT TAHAJJUD

Kali ini saya akan membahas tentang jodoh, kenapa tiba-tiba jodoh? karena saya baru saja membaca buku tentang Manfaat Sholat Tahajud untuk Menjemput Jodoh. Bagaimana caranya?? Check this out! Apa sih shalat Tahajjud ?? Shalat Tahajjud merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan pada malam hari dan sesudah tidur, sekalipun tidurnya hanya sebentar saja. Shalat ini merupakan salah satu amalan wirid yang dilakukan Rasulullah. Berapa Roka'at Sholat Tahajjud ?? Mengenai bilangan roka'atnya, sholat Tahajjud dilaksanakan minimal 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya 12 rakaat. Tahajjud tidak memiliki batasan bilangan rakaat. Bagaimana melakukan shalat Tahajjud?? Shalat Tahajjud dilakukan seperti biasanya ketika kita sholat fardhu. Di sini, berdasarkan buku yang saya baca, Ketika melaksanakan shalat Tahajjud pada rakaat pertama setelah membaca Al-Fatihah, dianjurkan membaca surat Al-Baqarah ayat 284-286: لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَإِنْ تُبْدُوا مَ...